Saturday 30 May 2015

Penderitaan Berbuah Manis, Qatar Sumbang $ 50 Juta untuk Muslim Rohingya

https://www.islampos.com/penderitaan-berbuah-manis-qatar-sumbang-50-juta-untuk-muslim-rohingya-186445/

Jumat 10 Syaaban 1436 / 29 Mei 2015 15:00
file-28-1432799060030630800-(1)
BERITA migran muslim Rohingya tak ada habisnya. Setelah berbagai penindasan oleh etnis Budha terhadap muslim Rohingya dinegaranya yang berlangsung cukup lama, hingga membuat mereka harus ‘kabur’ mencari perlindungan ke perariran Asia Tenggara. Nampaknya, penderitaan itu kini berbuah manis.
Bagaimana tidak, Indonesia dan Malaysia membantu menawarkan tempat pengungsian sementara kepada mereka selama satu tahun, juga Thailand yang membawa mereka ke daratan dengan menggunakan kapal yang dilengakapi perawatan medis. Bukan hanya itu saja, bahkan bantuan makanan ataupun uang mengalir deras datang dari berbagai pihak, baik perorangan, lembaga-lembaga kemanusiaan, maupun dari negara yang simpati kepada nasib muslim Rohingya tersebut.
Sebut saja Qatar, negara Timur tengah ini diberitakan dalam Arab Newspada hari Jumat (29/5/15) akan menjanjikan $ 50 juta untuk membantu Indonesia dalam menampung Muslim Rohingya yang telah menetap di wilayah negara kepulauan ini sejak pertengahan Mei kemarin.
Bantuan ini diumumkan oleh Emir Qatar Sheikh Tamim, saat bertemu dengan Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi di Doha.
“ Kami akan membantu Indonesia dan Malaysia dalam mengahadapi maslah pengungsi dari Myanmar dan Bangladesh, sumbangan senilai $ 50 juta dari Qatar ke pemerintah Indonesia untuk membantu menutupi biaya hosting Rohingya migran rohingya,” kata Sheikh Tamim dikutip QNA.
Sebelumnya, Presiden Indonesia Joko Widodo telah mengatakan bahwa Indonesia akan membutuhkan bantuan internasional untuk membayar tagihan ribuan rumah orang miskin dari migran Rohingya yang berada di negaranya.
Diharapkan, bantuan Qatar ini bisa membantu Indonesia dalam menutupi biaya beribu-ribu kepala keluarga muslim rohingya yang berada di Indonesia. [irah/islampos]

No comments:

Post a Comment