Wednesday, 24 August 2016

Sejumlah Pagoda Runtuh, Gempa 6,8 SR Myanmar Terasa Hingga Bangladesh dan India



 Wednesday, August 24, 2016




Yangon - Getaran gempa bumi 6,8 Skala Richter (SR) dirasakan kuat selama beberapa menit oleh warga Myanmar. Sejumlah pagoda di negara tersebut dilaporkan mengalami kerusakan akibat gempa ini.

Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) mencatat pusat gempa ada di lokasi berjarak 143 kilometer sebelah barat kota Meiktila dan berada di kedalaman 84 kilometer. Meiktila sendiri terletak di Myanmar bagian tengah.

Seperti dilansir AFP, Rabu (24/8/2016), pusat gempa ini berada di dekat Chauk, sebuah kota dekat Sungai Irrawaddy, yang berjarak beberapa ratus kilometer sebelah barat laut ibu kota Naypyidaw. Belum ada laporan korban luka maupun korban jiwa akibat gempa ini.

Getaran gempa bumi 6,8 Skala Richter (SR) yang berpusat di Myanmar juga terasa hingga ke wilayah India. Layanan kereta setempat bahkan sempat dihentikan sementara akibat getaran gempa ini.

Seperti dilansir media lokal, The Times of India, Rabu (24/8/2016), getaran gempa yang mengguncang Myanmar, juga dirasakan di sebagian wilayah Benggala Barat, Jharkhand, Bihar dan Assam. Wilayah India berada di sebelah timur Myanmar dan dipisahkan oleh Teluk Benggala.

Layanan kereta Metro di Kalkuta, yang ada di Benggala barat, bahkan sempat dihentikan akibat getaran gempa ini. Banyak gedung perkantoran di wilayah tersebut, yang ditutup.

Baca juga: Gempa 6,8 SR Guncang Myanmar, Terasa Hingga Bangkok dan Bangladesh

Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) mencatat, gempa itu berpusat di lokasi berjarak 143 kilometer sebelah barat kota Meiktila. USGS menyebut, pusat gempa berada di kedalaman 84 kilometer dari permukaan laut.

Belum ada laporan kerusakan maupun korban jiwa di Myanmar akibat gempa bumi ini.

Getaran gempa terasa kuat hingga ke kota Yangon, kota terbesar di Myanmar dan beberapa kota lainnya. Sejumlah saksi mata menuturkan, gedung-gedung yang ada di kota Yangon terasa bergetar saat gempa melanda.

Sebelumnya dilaporkan, getaran gempa yang berpusat di Myanmar ini juga terasa di Bangkok, Thailand dan Bangladesh.

No comments:

Post a Comment