Thursday, 25 August 2016

Gempa Myanmar Hancurkan 171 Pagoda



 Thursday, August 25, 2016



NAYPWIDAW – Gempa berkekuatan 6,8 pada Skala Richter (SR) mengguncang Myanmar pada Rabu 24 Agustus sore waktu setempat. Guncangan gempa terasa hingga Thailand, India, dan Bangladesh. Titik pusat gempa berada di kedalaman 84 kilometer (km).

Sedikitnya tiga orang tewas dan hampir 171 bangunan Pagoda hancur. Kementerian Informasi Myanmar menyampaikan, dua bocah perempuan berusia tujuh dan 15 tahun tewas di Magway.

Korban tewas lainnya adalah seorang pria berusia 22 tahun di dekat Magway. Kerusakan berat terjadi di Bagan, Myanmar yang merupakan situs arkeologi paling terkenal. Bagan juga merupakan tujuan wisata terkenal yang hanya berjarak sekira 30 km dari titik pusat gempa.

Berdasarkan keterangan Kementerian Agama dan Kebudayaan, sebanyak 171 dari 2.500 pagoda hancur akibat guncangan gempa.

“Kerusakan di beberapa pagoda sangat parah,” ujar Direktur Kebudayaan Bagan, Aung Kyaw, seperti dimuat Channel News Asia, Kamis (25/8/2016).

Pagoda-pagoda itu dibangun pada abad 10-14. Bangunan tersebut menjadi daya tarik utama untuk menggairahkan sektor pariwisata Myanmar.

Junta militer yang menguasai Myanmar selama puluhan tahun mulai membuka pintu bagi wisatawan pada 2011. Kini, mereka ingin agar Bagan masuk dalam daftar warisan budaya dunia milik UNESCO.

No comments:

Post a Comment